OPPO Reno 4 Dibekali Fitur Keamanan Data, Simak Kelebihannya

ETAGADGET.COM, Jakarta- Ponsel pintar bukan hanya digunakan untuk aktivitas berkomunikasi saja, tapi juga sudah bisa membantu pekerjaan, memberikan hiburan, merekam, dan asisten pribadi, serta dompet digital yang bisa menjadi target pencurian data. Untuk itu, ponsel OPPO Reno 4 dibekali dengan fitur kemanan dengan teknologi terbaru yang disebut Smart Spying Prevention.

Dalam keterangan tertulis, Senin, 31 Agustus 2020, Smart Spying Prevention merupakan teknologi yang bisa menyembunyikan isi notifikasi, sehingga orang disekitar tidak bisa melihat notifikasi tersebut. Caranya cukup mudah, pengguna cukupmendaftarkan wajah agar kamera ponsel mengenali pemilik sah-nya.

Data pribadi yang ada di smartphone berpotensi dicuri secara digital melalui beragam teknik serangan siber (cyber attack) seperti phising, malware, aplikasi jahat atau justru dengan teknik konvensional seperti smartphone spying atau mengintip layar. Informasi mengenai data pribadi, keuangan, atau daftar kontak mudah disebarkan atau disalahgunakan oleh penjahat siber.

Masalah tersebut menjadi perhatian OPPO untuk melindungi privasi dan data pengguna smartphone. Ketika pengguna mengunduh aplikasi baru, sering kali mereka tidak sadar telah memberikan persetujuan untuk mengakses hal-hal sensitif pada smartphone seperti kontak, kamera untuk mengambil foto, dan lokasi.

Bahkan beberapa aplikasi meminta akses ke data pribadi lebih banya juga sering diabaikan pengguna dan sukarela memberikan akses izin untuk bisa mengambil data pribadi mereka. Saat Smart Spying Prevention diaktifkan, sistem otomatis bisa menunjukkan aplikasi berbahaya yang mencoba membaca informasi pribadi.

Pengguna bisa mengaktifkan fitur itu dengan mengakses pilihan Settings, ketuk Privacy, pilih Personal Information Protection, alihkan ke Smart Protection untuk diaktifkan. Ketika sudah aktif, sistem akan otomatis melindungi Riwayat Panggilan, Kontak, Pesan, serta Kegiatan pengguna.

Berkaitan dengan pembayaran digital yang semakin jamak, OPPO juga memberikan opsi perlindungan data berupa Payment Protection. Fitur ini akan melakukan pemindaian otomatis terhadap aplikasi pembayaran dan melindunginya dari ancaman pembobolan data.

Selain itu, OPPO juga menyediakan fitur Secure Keyboard, yang secara otomatis bisa mengganti keyboard bawaan ke OPPO Secure keyboard ketika pengguna perlu memasukkan informasi sensitif. Fitur ini tidak akan merekam informasi yang dimasukkan oleh pengguna seperti password, terkoneksi ke jaringan internet atau fitur autocomplete.

More Stories
Samsung Galaxy M51 Rilis Bulan Depan, Punya Baterai Super 7.000 mAh