Samsung Galaxy Z Fold2 Dirilis: Spek Meningkat, Harga Rp 29 Juta

ETAGADGET.COM Jakarta- Samsung baru saja merilis smartphone lipat terbaru Samsung Galaxy Z Fold2. Penerus dari Galaxy Fold tahun lalu itu telah mengalami penyempurnaan dengan meningkatkan berbagai fitur mulai dari layar, engsel, chipset dan beberapa fitur lainnya.

Dari segi layar, di bagian luar atau layar cover lebih besar, dari 4,6 inci dengan bezel, berganti menjadi Super AMOLED 6,2 inci 2260×816 piksel. Layar tersebut hampir menutupi seluruh bagian depan dan menampilkan aspek rasio yang tinggi 25:9.

“Samsung memiliki perjalanan perangkat mobile generasi baru dengan orisinalitas dan inovasi. Kami memastikan membawa peningkatan pada hardware Galaxy Z Fold2,” TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business Samsung Electronics, dalam keterangan tertulis, Selasa, 1 September 2020.

Ponsel pabrikan asal Negeri Gingseng itu juga memperbesar layar utamanya menjadi Dynamic AMOLED 2208×1768 piksel berukuran 7,6 inci dengan aspek rasio 22,5: 18 dan refresh rate adaptif 120Hz. Juga menggunakan Ultra Thin Glass (UTG) untuk meningkatkan kualitas gambar dan kesan premium.

Di area vital lipatan, terdapat engsel yang ditingkatkan dengan teknologi desain generasi ketiganya, yang disebut engsel Hideaway, juga menggunakan mekanisme CAM yang memungkinkan Galaxy Z Fold2 berdiri sendiri dari 75 hingga 115 derajat.

Seperti Galaxy Z Flip 5G, dibekali juga dengan struktur pembersih di celah antara bodi dan engsel untuk mencegah masuknya debu dan partikel serta mencegah kerusakan seiring waktu. “Kami mengembangkan inovasi baru untuk meningkatkan pengalamannya,” kata Roh.

Dari segi kamera, Samsung memasang Galaxy Z Fold2 dengan tiga kamera di satu sisi non-layarnya. Sensor utamanya 12 MP f/ 1.8 dengan autofokus piksel ganda, dan stabilisasi gambar optik. Sensor kedua telefoto 12 MP zoom 2x dengan lensa f/ 2.4 yang distabilkan secara optik. Sensor terakhir adalah 12 MP f/ 2.2 ultra-wide dengan sudut pandang 12mm.

Selain itu, ada ada dua kamera lain di bagian depan Galaxy Z Fold2, 10 MP f/ 2.2 dan 10 MP f/ 2.2. Penguna juga bisa memanfaatkan sampul layar sebagai jendela bidik dan mengambil foto diri sendiri dengan salah satu dari tiga kamera utama tersebut.

Perusahaan asal Korea itu juga memasang dapur pacu chipset Snapdragon 865 Plus sebagai tenaganya, dengan kapasitas RAM 12 GB, serta ruang penyimpanan UFS 3.1 berkapasitas 256GB. Baterainya juga lebih besar dibandingkan pendahulunya dari 4.235 mAh menjadi 4.500 mAh, plus didukung pengisian 25W serta pengisian nirkabel cepat dan PowerShare nirkabel.

Tidak kalah penting, Samsung menambahkan teknologi 5G, mmWave dan sub-6GHz. Perangkan ini juga hadir dengan Ultra-Wideband untuk konektivitas kesadaran spasial di mana pengguna bisa mengirim file dengan cepat dari Galaxy Z Fold2 ke perangkat Android lainnya, sama seperti yang ada di Galaxy Note 20 Ultra.

Pre-order Samsung Galaxy Z Fold2 dimulai, Rabu, 2 September 2020 dan akan unitnya akan dikirimkan di sekitar 40 pasar mulai 18 September 2020. Hadir hanya dalam satu versi 256 GB, perangkat ini dihargai US$ 1.999 (Rp 29 juta).

Namun, di Cina akan dirili dengan versi yang berbeda, kapasitas memori yang lebih besar 512 GB, dan akan mulai jual 9 September. Lainnya, Samsung menghadirkan edisi khusus, Galaxy Z Fold2 Thom Browne Edition yang dilabeli US$ 3.299 (Rp 48 juta) plus Galaxy Buds Live dan Galaxy Watch 3, yang akan dijual pada 25 September.

More Stories
Video Hands on iPhone 13 Pro Max
Bocoran Video Hands On iPhone 13 Pro Max, Yuk Lihat!