6 Fitur Menarik OPPO Reno 4: Desain, Kamera dan Performa

ETAGADGET.COM, Jakarta- Smartphone terbaru OPPO Reno 4 sudah dijual di Indonesia pada awal Agustus 2020 lalu. Ponsel pintar ini membawa pembaruan berbagai fitur dari generasi sebelumnya, seri Reno 3.

Berikut detail fitur menarik yang ada di OPPO Reno 4 mulai dari desain dan tampilan, kamera, performa sampai dengan sistem operasinya:

1. Desain dan tampilan

Seri Reno 4 dibangun melalui kekuatan research & development (R&D) OPPO, dengan mengoptimalkan desain untuk meminimalkan dimensi dan bobot perangkat. Tidak hanya fokus pada perangkat yang ramping, OPPO mengoptimalkan detail ukuran dimensi dengan berat 165g dan ketebalan 7.7mm, serta desain yang cukup ergonomis saat digenggam.

Bagian penampang belakang Reno 4 diperkuat dengan lembaran baja yang tahan panas dan menjadikan bodi lebih tipis 0,15mm. Reno 4 juga memiliki komponen tertentu pada mainboard yang bisa mengurangi ketebalan perangkat hingga 0,3mm.

Selain itu, merek asal Cina ini juga menggunakan Hidden Fingerprint Unlock 3.0 yang memiliki ketebalan hanya 0,27mm. Di bagian belakang juga terdapat frame quad camera yang sedikit timbul, yang memadukan dua tekstur yang berbeda.

Frame kamera didesain dengan persegi panjang yang mengakomodasi empat lensa dengan warna yang mengkilap. Tata letak quad camera ini membuat tampilan Reno 4 terlihat futuristik dan desain yang lebih modern. Penampang bagian belakang perangkat ini juga sudah diperkuat dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3.

Dari segi warna, Reno 4 memiliki dua pilihan warna Space Black dan Galactic Blue. Untuk warna Space Black, tampak seperti ruang misterius dengan bintik-bintik terang. Meskipun bagian belakang memiliki warna gelap, tapi tetap akan terlihat mengilap ketika terkena efek cahaya.

Sedangkan Galactic Blue merupakan warna unik pada Reno 4 dengan teknik Reno Glow dikenalkan pada Reno 4 Series dan memberikan sentuhan akhir berupa tekstur matte. Detail kilauannya juga sangat halus yang menyajikan nuansa lebih premium. Penampang ini terdiri dari banyak lapisan dengan warna campuran biru yang menghasilkan warna perak dengan transisi alami. 

2. Kamera

OPPO Reno dibekali dengan empat kamera belakang dengan lensa utama 48 MP High-Definition Main Camera, Ultra Wide-Angle Camera 8 MP, Macro Camera 2 MP, Mono Camera 2MP. Serta satu di bagian depan 32 MP Single Camera. Kamera juga sudah dilengkapi dengan berbagai mode menarik.

OPPO membekali dengan kamera Reno 4 dengan Artificial Intelligence (AI) Color Portrait Mode, mode Monochrome Video, Night Flare Portrait yang didukung algoritma Low Light HDR dan algoritma bokeh, dan 960fps Smart Slow Motion. Selain itu, ada Mode Ultra Steady, Ultra Night Selfie Mode, Ultra Dark Mode, Ultra Clear 180 MP Image, serta SoLoop yang tersedia di dalam ColorOS.

3. Performa dan daya tahan

Reno 4 dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 720G SoC yang dibuat dengan proses fabrikasi 8nm dan Low Power DDR4X Semiconductor. Dibandingkan dengan MTK P95 pada Reno 3 Pro, kinerja CPU single-core meningkat sekitar 46 persen dan kinerja CPU multi-core meningkat sekitar 26 persen berdasar hasil tes Geekbench, serta kinerja GPU meningkat sekitar 40 persen menurut hasil tes Manhattan.

OPPO juga membekali dengan teknologi pengisian cepat VOOC 4.0 mendukung pengisian daya hingga 5V/ 6A 30 W. Dengan teknologi ini baterai Reno 4 dengan daya 4015 mAh bisa diisi hingga 50 persen dalam 20 menit dan 100 persen dalam 57 menit.

4. Fitur keamanan

OPPO memutuskan untuk menerapkan AI-enhanced smart sensor untuk fitur Smart Spying Prevention, yang dibangun memanfaatkan sensor berdaya rendah dan kombinasi algoritma pengenalan cerdas. Sensor tidak hanya digunakan untuk melindungi privasi, tapi juga memperluas fungsi pada fitur Smart AirControl, Smart Rotation, dan Smart Always On.

Dengan menggunakan Smart Spying Prevention, ketika Reno 4 menerima pesan, sensor pintar dengan kecerdasan buatan pada ponsel bisa mengidentifikasi hanya pemilik ponsel yang boleh membuka layar. Jika tidak, konten notifikasi akan disembunyikan untuk melindungi privasi pengguna.

Lebih spesifik lagi, algoritma pencegahan privasi ini dibangun selaras dengan perangkat keras berupa sebuah sensor canggih, yang secara otomatis menganalisa beberapa wajah dalam berbagai keadaan dan skala. Jika satu wajah yang terdeteksi, kamera akan dihidupkan untuk mengidentifikasi wajah pemiliknya sendiri maka akan ditampilkan seluruh pesan. Dan jika lebih dari satu wajah maka pemberitahuan akan tetap ditampilkan, tapi konten tidak ditampilkan.

5. ColorOS 7.2


OPPO Reno 4 sudah menjalankan sitem operasi ColorOS 7.2 yang berbasis Android 10. Dengan sistem operasi ini, ponsel sudah didukung fitur unik Dark Mode, terutama untuk beberapa aplikasi pihak ketiga yang belum mendapatkan dukungan fitur ini.

Dibekali algoritma AI, ColorOS secara cerdas memprediksi aplikasi apa yang akan digunakan pengguna kemudian memuatnya, sehingga bisa terbuka lebih cepat. Dengan AI APP Preloading, semakin lama pengguna menggunakan perangkat, semakin cepat kecerdasan buatan dalam mempelajari kebiasaan pengguna. 


Selain itu, AI APP Preloading memiliki konsumsi baterai Nol, pengguna akan mendapatkan ponsel yang lebih cepat tanpa konsumsi baterai tambahan. 

ColorOS juga memiliki Anti-Fragmentation Engine yang menggunakan kombinasi langkah-langkah untuk mengoptimalkan fragmentasi memori fisik dan virtual. Memastikan pengalaman system operasi yang mulus tanpa jeda, bahkan setelah menggunakannya dalam waktu yang lama.

Ada juga Super Power Saving Mode, memanfaatkan pendekatan seluruh sistem (seperti penyesuaian frekuensi CPU dan penyesuaian cahaya latar) dan menyesuaikan penghematan daya untuk masing-masing aplikasi. Dengan fitur ini, pengguna OPPO Reno4 dapat berkirim pesan WhatsApp selama 1,5 jam dan menelepon lebih dari 1 jam dengan baterai hanya 5 persen.

Kemudian ada Super Night Time Standby untuk mempelajari kebiasaan tidur pengguna, dan mengoptimalkan masa pakai baterai hanya 2 persen sepanjang malam, selama sekitar 8 jam. Ada juga Icon Pull Down Gesture, untuk membuka aplikasi yang sulit dijangkau di layar Beranda (Home) saat menggunakan ponsel dengan satu tangan.

Ditambah dengan Quick Return Bubble, gelembung ikon mengambang yang menampilkan informasi dari game dan berjalan pada latar belakang. Misalnya, ketika pengguna menunggu untuk respawn (aksi pemain yang hidup kembali setelah terbunuh) dalam game, mereka bisa beralih ke layar lain sambil melihat waktu respawn melalui gelembung.

Dari segi tampilannya, OPPO juga memasang Gravity Wallpaper, yang membuat Wallpaper di layar Beranda berubah secara dinamis tergantung pada cara pengguna 
memegang perangkat. Dan adanya OPPO LAB, platform para engineer perangkat lunak OPPO dan pengguna dapat bekerja sama untuk menciptakan fitur-fitur inovatif bersama.

6. Fitur lainnya

OPPO juga menghadirkan Smart AirControl yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat Reno 4 tanpa menyentuh layar. Dengan fitur ini pengguna bisa menggulirkan halaman layar baik ke arah atas dan ke bawah halaman pada beberapa aplikasi populer seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan TikTok.

Serta Smart AirControl, yang memungkinkan pengguna untuk menjawab panggilan telepon tanpa menyentuh layar. Fitur ini sangat berguna pada situasi pandemi seperti saat ini guna mengurangi intrensitas bersentuhan dengan layar.

Dan adanya Smart Always On Display, fitur ini bisa mengidentifikasi wajah pengguna yang terus-menerus mengamati layar perangkat, sehingga layar tidak akan mati. Fitur ini juga membuat Reno 4 lebih cerdas dan memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik.

More Stories
Ponsel Lipat Huawei P50 Pocket Resmi Rilis dengan Layar 120Hz