6 Fakta Menarik realme 7 dan 7i, Simak Penjelasannya

ETAGADGET.COM, Jakarta- realme Indonesia telah meluncurkan dua smartphone terbaru relame 7 dan 7i. Kedua ponsel pintar itu membawa peningkatan berbagai fitur dibandingkan generasi sebelumnya, mulai dari tampilan, performa, kamera, daya tahan baterai dan beberapa lainnya yang cukup menarik.

Dalam peluncuran yang dilakukan melalui video konferensi, Kamis, 17 September 2020 lalu, duo realme 7 dijelaskan detail oleh Product Manager Realme Indonesia Felix Christian dan R Manager Realme Indonesia Krisva Angnieszca. Berikut fakta menarik tentang ponsel merek asal Negeri Tirai Bambu itu:

Desain dan layar

realme 7 memiliki desain yang terinspirasi dari ruang kaca, dan membuat tampilannya cukup apik. Diproses dengan teknik AG yang populer, efek cahaya yang memantul bisa memunculkan keindangan secara visual. Penggunaan tekstur CD klasik juga membuat tampilan terlihat lebih premium.

Berbeda dengan realme 7 yang terinspirasi dari ruang kaca, model 7i lebih condong pada cermin yang didesain cantik. Terdapat garis pemisah ikonik diagonal yang membagi realme 7i menjadi dua bagian di punggungnya. Pantulan cahaya di bagian atas dan tekstur matte di bagian bawah menciptakan kontras yang tajam.

Kedua ponsel tersebut masing-masing tersedia dalam dua pilihan warna, Mist Blue dam Mist White untuk realme 7, sedangkan Aurora Green dan Polar Blue adalah warna untuk realme 7i.

Sementara dari segi layar, realme 7 dipasang ukuran 6,5 inci, resolusi 2400×1080 90Hz Ultra Smooth Display, refresh rate 90Hz dan sampling rate 120Hz. Layar tersebut menghasilkan pengalaman visual yang mulus dan lancar di setiap sentuhan.

Sedangkan realme 7i berukuran 6,5 inci, resolusi 1600×720 90Hz Ultra Smooth Display, refresh rate 90Hz dan sampling rate 120Hz, menghasilkan pengalaman visual yang mulus di setiap sapuan layar. Baik realme 7 ataupu 7i, keduanya sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 3 untuk memberikan perlindungan yang lebih baik.

Performa

Dapur pacu yang dipasang pada realme 7 dan 7i berbeda. Untuk model realme 7 dipersenjatai dengan chip besutan MediaTek, Helio G95. Sedangkan realme 7i dibekali dengan chip Snapdragon 662. Kedua chip tersebut memiliki keunggulan masing-masing dalam mendukung kinerja ponsel.

Helio G95 dibuat melalui proses 12 nm dengan dua Cortex-A76s berkinerja tinggi hingga 2.05 GHz dan enam Cortex-A55s hingga 2 GHz yang memiliki efisiensi tinggi. Didampingi chip grafis Mali-G76 GPU 900MHz, membuat realme 7 menjadi lebih bertenaga.

Sementara Snapdragon 662, dibuat menggunakan proses 11 nm, yang juga lebih bertenaga dan efisien. Chip ini juga dibekali struktur Kryo 260 pada CPU dan GPU Adreno 610. Dengan kombinasi LPDDR4X dan UFS 2.1, realme 7i memberikan pengalaman mulus bagi pengguna.

Kamera

realme 7 dan 7i menghadirkan mekanisme quad camera 64 MP generasi terbaru yang membuat pengguna bisa mengambail gambar yang lebih tajam dan cerah. Selain sensor utama Sony IMX682 64 MP, kedua ponsel juga dipasang lensa wide-angle 8 MP jangkauan 119 derajat, serta lensa makro dan potret beresolusi 2 MP.

Meskipun belum melakukan percobaan bagaimana kualitas gambar dari kamera kedua ponsel itu, realme Indonesia mengklaim ketika digunakan pengguna bisa dengan mudah memotret pemandangan. realme juga memasang tiga filter malam populer Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold.

Selain itu, di bagian depan, realme 7 memiliki 16 MP In-Display Selfie Camera yang dapat memenuhi kebutuhan selfie pengguna dengan aperture F2.0, mendukung mode smart beauty, efek bokeh, dll. Sedang realme 7i, menggunakan sensor Sony IMX471 16 MP Ultra-clear dengan aperture F2.1, dengan mode seperti realme 7, juga mendukung HDR dan EIS Stabilization.

Daya Tahan Baterai

Daya baterai kedua ponsel tersebut 5.000 mAh, tapi untuk pengisian cepatnya berbeda, realme 7 didukung 30 W Dart Charge, sementara realem 7i menggunakan 18 W Quick Charge. Dengan pengisian cepat tersebut, realme 7 bisa terisi penuh selama 65 menit saja, sementara realme 7i membutuhkan waktu 30 m,enit untuk mengisi 32 persen baterai.

Berdasarkan hasil uji realme Lab, baik realme 7 maupun 7i memiliki ketahanan daya hingga 814 jam dalam mode siaga, 35 jam telepon, 19 jam menonton YouTube, 88 jam mendengarkan musik, dan 26 jam menggunakan media sosial Instagram.

Fitur Lainnya

Fitur lainnya, realme 7 didukung dengan NFC yang membuat pengguna lebih m,udah dalam melakukan transaksi non tunai. Mekipun tidak hadir pada model 7i, hadirnya NFC merupakan masukan dari realme Fans yang menginginkan fitur tersebut yang selama ini hanya hadir di seri flagship realme.

Kedua ponsel pintar itu juga sudah menggunakan realme UI berbasis Android 10. Dengan sistem operasi tersebut, menurut realme, pengguna bisa merasakan kemulusan tampilan ponsel ketika digunakan.

Untuk keamanan, realme 7 dan 7i juga sudah dipasang dengan sensor sidik jari di bagian samping yang digabungkan dengan tombol daya. Dengan sistem
pengenalan kapasitif, cukup dengan satu kali tekan ponsel disebutnya bisa terbuka secara instan.

Selain itu, semua lubang di realme 7 dan 7i didesain khusus kedap air, karena realme menyegel lubang dengan pelindung silikon, yang secara efektif mencegah percikan. Kapasitas memori juga cukup besar, keduanya dibekali RAM 8 GB dan ruang penyimpanan internal 128 GB, plus 3 slot kartu untuk dua kartu SIM dan satu SD card (hingga 256 GB).

Harga dan Ketersediaan

Dengan spesifikasi tersebut di atas, duo realme 7 dibanderol seharga Rp 3,999 juta untuk model realme 7, sedangkan model 7i dihargai Rp 3,199 juta. Keduanya sudah tersedia di toko online dan offline di seluruh Indonesia mulai hari ini Sabtu, 19 September 2020.

More Stories
Samsung Galaxy Tab S7 dan S7 Plus Dirilis, Performa dan S-Pen Ditingkatkan