Gesture-Smartphone-Android

Sudah Pakai Navigasi Berbasis Gesture Untuk Kontrol Smartphone?

ETAGADGET.COM, Jakarta – Masih ingat nggak, zaman kemunculan smartphone dengan sistem operasi Android? Nama-nama legendaris yang menghiasi antara lain HTC Desire, Sony Xperia, Samsung Galaxy, dan LG Optimus. Brand seperti Xiaomi, OPPO, dan Vivo belum muncul ya.

Kala itu, ciri khas uniknya ialah adanya tombol fisik untuk navigasi smartphone seperti back, home, dan task switcher. Harap maklum, dulu dagu dan dahi smartphone kan emang tebel banget. Kadang kalau dh lama, tombol fisik tersebut bisa copot atau berhenti berfungsi.

Setelah tombol fisik, lalu berlanjut mulai menggunakan tombol kapasitif sebelum akhirnya berpindah ke layar. Namun mengontrol smartphone pakai tombol navigasi di layar sudah kuno, sekarang eranya ‘gesture’.

Para pabrikan ponsel berlomba-lomba menghadirkan smartphone dengan bezel layar yang super tipis. Rasio yang digunakan pun bermacam-macam dsn umumnya makin memanjang.

Jadi, meski berlayar jumbo seperti misalnya 6,7 inci tetap saja sempit karena pakai rasio 19.5:9 bahkan 21:9. Nah keuntungan jadi bisa digunakan pakai satu tangan dan kombinasi yang tepat ialah kontrol dengan gesture.

Umumnya, usap dari samping ke tengah baik kanan maupun kiri untuk kembali, usap dari bawah ke atas untuk ke homescreen. Serta, usap dari bawah ke atas dan tahan untuk fungsi task switcher dan bermultitasking.

Jujur saja, saya sendiri butuh waktu cukup lama untuk beradaptasi. Karena walaupun fitur navigasi berbasis gesture sudah ada cukup lama, awalnya terasa sulit digunakan.

Beda cerita kalau sekarang, bisa dibilang sudah sangat matang dan terintegrasi dengan baik ke sistem maupun aplikasi pihak ketiga. Tinggal maksa dikit membiasakan diri saja.

Jadi, kalian sudah pakai gesture belum? Lalu, kira-kira apa selanjutnya? Ke depannya mungkin kita bisa mengontrol dengan gesture tanpa menyentuh smartphone dan dengan perintah suara. Saat ini, cikal bakalnya sudah ada ya. Cuma memang masih butuh banyak peningkatan, hanya perkara waktu sih.

More Stories
Obama hits back at ‘whacky’ Trump