Review Infinix Hot 10 Play : HP Rp. 1 Jutaan Dengan Baterai Tahan Seharian !

Selain performa dapur pacu dan kemampuan fotografi, faktor lain yang menjadi pertimbangan seseorang ketika akan membeli smartphone adalah daya tahan hidupnya atau baterai. Karena, tanpa dukungan baterai yang memadai semua kemampuan dari smartphone akan terasa sia-sia.

Menyoal harga, kini harga ponsel dengan baterai besar sangat terjangkau. Salah satunya adalah Infinix Hot 10 Play yang ikut meramaikan persaingan di awal tahun 2021 yang menjagokan kapasitas baterai 6.000 mAh dengan harga Rp. 1 jutaan.

Lantas setangguh apa performa yang ditawarkan ? simak ulasanya berikut ini !

Desain 

Bicara soal desain, ponsel entry-level ini tampil modern dengan menggunakan Sleek n Stylish Design. Walaupun memiliki kapasitas baterai yang besar, ketebalannya masih tergolong tipis di angka 171.8 x 78 x 8.9 mm dengan berat 213 gram. Dengan rasio layar yang memanjang 20.5:9 mm, ponsel ini sangat nyaman digenggam dengan satu tangan dan mudah dimasukkan ke dalam saku celana.

Untuk tombol dan port, pada sisi kanan terdapat tombol power dan volume. Sementara pada sisi kiri, terdapat slot SIM Card (Non Hybrid, 2 SIM + 1 MicroSD up to 512 GB). Beralih pada bagian bawah, terdapat Mic, Port Micro USB, dan lubang jack 3.5mm. Sedangkan untuk penempatan fingerprint sensor berada di bagian belakang yang pas pada posisi yang mudah diakses oleh jari telunjuk, cukup sentuh dan dengan cepat layar ponsel menyala dan kunci terbuka,

Pada bagian back cover dan frame di bagian depan, perangkat ini menggunakan material plastik Polycarbonate. Hal yang menarik, dengan memberikan  efek glossy di body bagian belakang akan terlihat pattern dengan garis-garis yang cukup unik apabila terkena pantulan cahaya dan menambah kesan premium.

Infinix Hot 10 Play hadir dengan empat pilihan warna menarik yakni,  Aegean Blue, Morandi Green, Obsidian Black, dan 7° purple.

Layar 

Soal layar, Infinix Hot 10 Play memiliki ukuran layar 6,82 inci yang terbilang cukup luas di kelasnya. Hadir dengan jenis panel IPS resolusi HD+ (720×1640 piksel) dengan kerapatan 263 ppi dalam aspek rasio 20.5:9. Pada bagian atas layar, Infinix Hot 10 Play mengusung water drop sebagai penempatan kamera selfie dengan lensa 8MP.

Selama penggunaan, kami merasa layar ponsel ini juga cukup responsif dengan mudah ketika layar digeser ke kanan kiri atas bawah. Selain itu, untuk ponsel kelas entry level Infinix Hote 10 Play memiliki kualitas layar yang cukup baik, enak dilihat berbagai sudut dan sudah dibekali fitur adaptive brightness, Eye Care, dan dark theme.

Kamera 

Beralih ke sektor fotografi, Infinix Hot 10 Play memiliki dua kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 13 MP F/1.8, AI lens untuk bokeh, dan 8 MP untuk kamera depan. Secara bawaan, kamera utama menghasilkan foto dengan resolusi 13 MP yang menghasilkan warna yang dinamis dan cukup menyerap cahaya. Dalam pengujian, menurut kami hasil foto dari kamera Infinix Hote 10 Play terbilang cukup baik dikelasnya, terutama saat pengambilan gambar dalam keadaan cuaca terang.

Menyoal Fitur kameranya,memang tidak terlalu banyak, hanya terdapat AI camera, beauty, AR Shoot, bokeh, Video, dan slow motion video. Tapi bagi para pecinta foto bokeh, kamera Infinix Hot 10 Play menurut kami cukup bisa diandalkan karena bisa menangkap detail dari objek, dengan tingkat blur cukup halus di latar belakang. Kualitas kamera ini rasanya sudah sangat sesuai ekspektasi dengan harga Infinix Hot 10 Play yang hanya Rp 1,3 jutaan.

Performa 

Untuk dapur pacunya Infinix Hot 10 Play ditenagai oleh Chipset MediaTek Helio G25 octa-core, yang sudah menggunakan fabrikasi 12nm dengan clock speed tertinggi 2 GHz. Dengan perpaduan Chipset dan teknologi HyperEngine yang ada di ponsel ini bisa meningkatkan kualitas untuk kebutuhan bermain game. Untuk opsi memori, tersedia dua konfigurasi RAM dan penyimpanan internal yaitu 2/32GB dan 4/64GB. Bila kapasitas tersebut masih kurang, tersedia slot microSD yang mendukung hingga 512 GB.

Baterai 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kapasitas baterai dari Infinix Hot 10 Play sangat besar di kelasnya dengan 6,000 mAh yang diisi melalui port microUSB hingga 10W. Infinix mengklaim, dengan kapasitas baterai tersebut mampu memainkan game hingga 13,8 jam atau sanggup memutar musik 155 jam. Pada saat baterai tersisa hanya 5%, Ultra Power Mode bisa diaktifkan untuk penggunaan telepon sampai dengan 2,7 jam.

 

Sayangnya daya tahan baterai belum didukung dengan teknologi fast charging. Tapi, terlepas dari hal tersebut kapasitas baterai besar jelas sudah sangat baik jika melihat harga Infinix Hot 10 Play yang sangat terjangkau.

Apalagi, daya tahan ponsel ini juga telah didukung dengan Mode Daya Ultra yang disediakan oleh Power Marathon Tech, yang bisa menambah masa pakai baterai 19 jam saat lowbat. Daya tahan baterainya diklaim mampu bertahan hingga 14 jam untuk bermain game dan tentu saja semakin tahan lama saat digunakan menonton.

Selain itu, dengan teknologi tersebut, pengguna bisa menjaga daya baterai sesuai kebutuhannya dalam dua mode yaitu Power Boost dan Ultra Power. Misalnya, saat baterai tersisa 5% dengan mengaktifkan Ultra Power, Anda mendapatkan tambahan 19 jam untuk daya tahan baterai.

Berdasarkan pengalaman penggunaan, dengan kapasitas baterai yang ditawarkan sangat cukup untuk mengakomodasi kebutuhan seharian, mulai dari chatting, telepon, streaming, membuat konten dan bermain game. Sebagai gambaran, saat pagi kondisi baterai terisi penuh, pada malam harinya baterai yang masih tersisa belasan persen.

Kesimpulan 

Dibanderol dengan harga Rp. 1,3 jutaan, ponsel ini terbilang worth it dan jadi satu pilihan yang menarik bagi pengguna yang ingin memiliki ponsel dengan daya tahan baterai kuat. Menurut kami, ponsel ini sangat cocok untuk menemani beragam aktivitas penggunanya seharian penuh dalam sekali charging saja. Menyoal harga, jelas Infinix Hot 10 Play sangat terjangkau untuk ponsel di tahun 2021 ini, apalagi jika melihat spesifikasinya yang cukup baik di kelasnya.

 

More Stories
realme Luncurkan realme 8 Pro Illuminating Yellow & realme Watch S Master Edition