Google Pixel 6 Pro Tensor

Canggihnya Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro dengan Prosesor Tensor

ETAGADGET.COM, Jakarta – Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro memang belum diluncurkan resmi. Kedua smartphone itu direncanakan bakal diperkenalkan pada musim gugur nanti nanti.

Akan tetapi, Google malah sudah membocorkan spesifikasi dan sedikit fitur dari dua smartphone terbarunya. Ya, ini bocoran resmi dari Google langsung, bukan dari leakster maupun situs Weibo atau Reddit.

Google mengumumkan, Pixel 6 dan Pixel 6 Pro akan memiliki spesifikasi serta fitur yang mengedepankan teknologi machine learning. Raksasa pencarian ini bahkan merancang prosesor sendiri untuk jajaran smartphone penerus Pixel 5 Series.

Prosesor yang dirancang Google bernama Tensor. Prosesor Tensor merupakan SoC pertama yang dibuat khusus untuk Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

{Baca juga: Bocoran Desain Realme Pad, Jadi Tablet Premium?}

Google Pixel 6 Pro Tensor

Kata CEO Google, Sundar Pichai, perusahaan yang ia pimpin telah lama mengembangkan chipset Tensor ini. Butuh waktu hingga 4 tahun untuk meningkatkan kinerja machine learning pada prosesor Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

“AI adalah masa depan karya inovasi kami, tetapi masalahnya adalah kami mengalami keterbatasan komputasi yang menghalangi kami untuk sepenuhnya menjalankan misi ini,” ujar Pichai.

“Jadi, kami mulai membangun platform teknologi yang dibuat untuk seluler yang memungkinkan kami menghadirkan AI dan machine learning paling inovatif kepada pengguna Pixel kami,” jelasnya.

Dijelaskannya, prosesor Tensor memiliki kemampuan fotografi komputasional, peningkatan pengenalan suara dengan terjemahan real-time, dan pengetikkan dengan menggunakan suara.

Tak cukup, sistem keamanan pun ditingkatkan. Inti keamanan baru di Tensor mampu melindungi sebagian besar lapisan keamanan hardware yang ada di ponsel.

Bukan cuma mengungkap prosesor Tensor dan fiturnya saja, Google pun membeberkan spesifikasi yang bakal disematkan pada Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

{Baca juga: Bocoran Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S22 Series}

Google Pixel 6 Pro Tensor

Untuk varian standar, Google menyertakan layar 6,4 inci dengan resolusi Full HD+ dan dukungan refresh rate 90Hz. Sementara Pro, menggunakan layar berukuran 6,7 inci dengan resolusi QHD+, serta refresh rate 120Hz.

Khusus untuk Pixel 6 Pro, layarnya pun melengkung di sisi kiri dan kanannya. Sudah pasti, ponsel ini bakal nyaman untuk digenggam maupun digunakan sehari-hari.

Kedua smartphone juga telah menjalankan sistem operasi terbaru Android 12. Sistem kameranya pun diberikan peningkatan dengan penyertaan lensa telefoto dengan kemampuan zoom hingga 4 kali untuk varian Pro.

More Stories
9 Mode Kamera OPPO Reno 4, Simak Fungsinya