Menjajal TWS dari Merek Legenda Nokia E3500

Kualitas bagus, harga ramah kantong

ETA berkesempatan menjajal sebuah TWS baru dari merek yang sudah melegenda. Di mana hampir semua orang pertama kali memiliki handphone dari merek ini, yaitu Nokia, dengan produk earbuds terbarunya, Nokia E3500. Merek yang dikelola oleh HMD Global ini memang menjadi bagian dari perjalanan perkembangan ponsel dan favorit bagi banyak kalangan.

TWS ini dikemas cukup baik dengan kualitas kotak yang bagus. Di bagian depannya terdapat tulisan Essential True Wireless Earphones E3500. Nama model TWS ini jika diingat-ingat mirip dengan nama model ponsel dari merek tersebut, seperti ada Nokia 3310, Nokia 2100, Nokia E71, dan lainnya.

Di bagian kanan kotak, ada unique selling point dari TWS ini. Disebutkan baterainya bisa tahan sampai 25 jam, sudah menggunakan Bluetooth 5.0, support touch control, IPX5 waterproof—aman digunakan berolahraga dan anti cipratan air dan debu—dan support ambient mode yang membuat mendengarkan suara di sekitar.

Di kotak penjualannya, yang pasti ada unit TWS, earbuds dan case yang berwarna hitam, serta lengkap dengan tambahan eartips ukuran M dan L, jadi bisa disesuaikan untuk kuping pengguna. Ada juga perangkat pendukung kabel USB Type-C, serta ada buku panduan dan kartu garansi.

Spesifikasi kunci dari Nokia E3500 selain Bluetooth 5.0, IPX5 waterproof, dan ambient mode, ada juga dynamic driver 10mm dan menariknya sudah mendukung format audio yaitu Qualcomm aptX. Berikut detail spesifikasi lengkapnya:

  • Bluetooth 5.0
  • Profile HSP, HFP, AVRCP, A2DP
  • 10mm Dynamic Driver
  • Playtime up to 25H
  • IPX5 Waterproof
  • Ambient Mode
  • Audio Format SBC, aptX
  • 4 Microphones

Desain TWS

Secara design, Nokia E3500 ini solit! Terasa di tangan memiliki build quality yang cukup baik, ukurannya pas, dan bobotnya juga cukup ringan. Meskipun berbahan plastik, tapi desain finishing case dan earbudsnya ini sangat terasa premium.

Merek asal Finlandia itu juga tetap memertahankan keunggulannya dari segi ketahannya yang terasa kokoh. Case yang juga memiliki fungsi sebagai charging earbuds berbentuk kotak, berwarna hitam, dan pastinya ada logo khas legendaris, Nokia, dibagian atas casenya ini.

Ketika case dibuka, terasa berkulitas dan tidak ringkih. Dan uniknya, port Type-C untuk mengisi daya ada dibagian depan, lengkap berserta lampu LED indikator. Untuk earbudsnya juga memiliki desain yang unik, tipenya in-ear dengan handle dan bagian ujungnya cukup gendut, memang terasa tebal, tapi nyaman digunakan.

Ketika pertama kali dicoba, sepasang earbudsnya ini langsung pas nempel di kuping. Bisa dibilang ini adalah TWS tipe in-ear yang nyaman.

Kualitas audio 

Berbicara sound quality, Nokia E3500 dibekali dengan teknologi yang premium dari Qualcomm. Ada dua teknologi Qualcomm yang dipasang di TWS ini, yang pertama Qualcomm aptX dan yang kedua Qualcomm cVc. Dengan Qualcomm aptX, bisa memutar file audio dengan kualitas HD, kalau gak salah, codec yang satu ini mendukung bitrate hingga 352 kbps.

Dan pas dicoba untuk mendengarkan musik, Nokia E3500 memiliki kualitas audio yang cocok dengan telinga, bassnya terasa pas dan bulat, lebih kaya, halus serta detail. High dan sound stagingnya juga bagus, dan meskipun play musik di volume maksimal, kualitas sound tetap terjaga.

Dipakai untuk mendengarkan lagu Rich Brian, Laruku, Hindia, bahkan sampai genre metal seperti Alessana dan BMTH, TWS ini tetap memberikan output suara yang nyaman di kuping. TWS ini benar-benar menghasilkan audio yang baik untuk segala jenis genre musik.

Kualitas untuk menonton video dan mic

Dan ketika dijajal menonton video di YouTube, suaranya lancar dengan delay yang sangat minim, sehingga tidak melihat perbedaan antara suara yang keluar dari mulut dengan visual orang yang ada di dalamnya. Lebih lanjut, tes microphone, ini menarik, karena 4 buah, yang sudah dilengkapi dengan teknologi Qualcomm cVc.

Dengan teknologi tersebut, pengguna bisa melakukan panggilan suara (telepon) via Nokia E3500, tentu suara jernih. Teknologi itu juga memang dapat mengurangi noise dari lingkungan sekitar dan meningkatkan kualitas suara disaat melakukan panggilan telepon.

Kulitas bermain game

Sekarang, bagaimana jika digunakan untuk bermain game? Bermain game menggunakan E3500 ini masih cukup playable, saat bermain game Call of Duty Mobile (CODM), memang ada delay terasa. Namun, masih di level wajar, standar TWS pada umumnya memang seperti itu, yang penting digunakan untuk bermain game tetap nyaman.

Karena sound qualitynya sudah bagus, bermain game menggunakan TWS ini terdengar cukup real, suara tembakan, ledakan, suara langkah kaki dari arah kiri-kanan-belakang, terdengar dengan baik.

Fungsi touch

Untuk fungsi sentuhnya, ada beberapa, berikut detailnya:

  • Tap 1x untuk play/ pause lagu
  • Tap 2x earbuds sebelah kanan untuk next lagu
  • Tap 2x earbuds sebelah kiri untuk masuk ke ambient mode
  • Tap dan tahan 2 detik earbuds sebelah kiri untuk menurunkan volume
  • Tap dan tahan 2 detik earbuds sebelah kanan untuk menaikkan volume
  • Tap dan tahan 3 detik untuk mengakses voice assistant

Walaupun selama mencoba tidak menemukan fungsi untuk kembali ke lagu sebelumnya, tapi secara pribadi selama menggunakan TWS ini ternyata sangat nyaman. Touch control itu juga cukup sensitif, dan fungsi mengatur volume melalui earbudsnya sangat memberikan experience yang lebih.

Baterai

Dan untuk baterainya, masing-masing earbudsnya ini punya kapasitas baterai 48 mAh, sementara untuk casenya 360 mAh. TWS  ini bisa digunakan hingga 7 jam untuk mendengarkan musik, dan bisa sampai 25 jam kalau dipasang dengan casenya total terisi penuh. Dan total pengisian dayanya butuh waktu sekitar 120 menit.

Kesimpulan

Kesimpulannya, setelah beberapa hari menggunakannya, Nokia E3500 ini punya kualitas audio yang bagus, terlebih lagi, dengan harga ramah kantong. TWS ini mendukung format aptX yang mana ini bisa memberikan kualitas audio yang sangat baik. Untuk Build qualitynya jelas sudah okay, dan baterainya juga tahan lama.

More Stories
Ungguli Samsung, OPPO Pimpin Pasar Smartphone di Asia Tenggara