Google Fit Sekarang Bisa Ukur Detak Jantung Pakai Kamera iPhone

Google Fit untuk iOS dilaporkan telah memperoleh kemampuan untuk melacak dan mengukur detak jantung, serta pernapasan menggunakan kamera iPhone. Aplikasi kebugaran ini dapat mengukur detak jantung pengguna saat mereka memberikan tekanan ringan pada lensa kamera belakang.

Bahkan, bisa juga berfungsi jika smartphone pengguna tidak memiliki koneksi internet aktif. Kamera depan, di sisi lain, bisa melacak napas pengguna per menit (BPM), demikian dilaporkan Gadgets NDTV.

Fitur pelacakan detak jantung dan pernapasan Google Fit pertama kali diperkenalkan untuk smartphone Google Pixel pada Februari, kini tersedia untuk perangkat iOS. Google Fit mengukur detak jantung pengguna saat mereka meletakkan jari di sensor kamera belakang dan menerapkan tekanan ringan.

Jika pengguna berada di lingkungan dengan cahaya redup, aplikasi pelacak kebugaran dapat menggunakan flash smartphone untuk meningkatkan akurasi. Sebagai alternatif, pengguna dapat meletakkan tangan dan handset iPhone mereka di depan sumber cahaya.

Google mengukur detak jantung dengan melacak perubahan halus pada warna jari pengguna untuk memperkirakan aliran darah. Algoritme detak jantung juga kemudian memperhitungkan pencahayaan, warna kulit, usia, dan faktor lainnya. 

Pengukuran detak jantung membutuhkan waktu sekitar 30 detik dan menampilkan grafik dengan detak per menit (BPM). Setelah proses selesai, pengguna memiliki pilihan untuk menyimpan data vital ke Google Fit. 

Juga dengan Google Fit untuk iOS, kamera selfie iPhone dapat melacak laju pernapasan pengguna melalui napas mereka per detik. Agar ini berfungsi, pengguna harus menjaga ponsel mereka tetap stabil dan stabil dengan kepala dan dada terlihat jelas di layar aplikasi.

Perintah di layar memandu pengguna untuk ‘diam’ selama sekitar setengah menit. Gerakan dada yang halus dengan penglihatan komputer yang melacak gerakan fisik kecil mengukur tingkat pernapasan pengguna. 

Sebagai alternatif, pengukuran di Google FIt juga dapat dimulai dengan membuka tab Browse dan mengklik Vitals. Pengguna juga memiliki opsi untuk mengatur pengingat pengukuran. 

Pengguna dapat melihat pengukuran detak jantung dan pernapasan baru di iPhone 7 dan iPad Pro. Laporan itu juga mengatakan bahwa jika pengguna baru saja mengunduh Google Fit dan tidak menunjukkan futur baru itu, menutup aplikasi dari layar multitasking dan membuka kembali akan membuatnya berfungsi. 

Exit mobile version