5 Smartwatch Harga di Bawah Rp 500 Ribu, Cek Daftar Rekomendasinya

Smartwatch saat ini menjadi salah satu gadget yang makin diminati masyarakat. Karena hanya selain memberikan informasi waktu, jam tangan pinbtar juga dapat mengontrol aktivitas sehari-hari penggunannya secara mudah.

Jam pintar punya banyak fitur canggih yang dapat terkoneksi ke smartphone dengan mudah. Tidak hanya fitur canggih, smart watch saat ini juga memiliki tampilan desain yang elegan dengan harga yang bervariasi. Berikut jam tangan pintar dengan harga murah:

1. OASE Fashion Watch VF1 (Rp 449 ribu)

Oase Fashion Watch VF1 memiliki body zinc alloy berwarna silver berbentuk kotak tanpa sudut dengan ketebalan 12mm dan layar sentuh Colorful 1,69 inch. Jam ini dibekali sensor optik di bagian bawah bodi. Dilengkapi satu buah tombol, dua pilihan strap sillikon, hitam dan pink, berbahan TPU yang tidak lengket.

Jam tangan pintar ini tidak memakai sistem operasi Wear OS Google, sehingga tidak leluasa mengunduh aplikasi. Namun, Oase Fashion Watch VF1 sudah menyediakan lebih dari 70 pilihan watch face yang bisa disesuaikan dengan fashion yang digunakan pengguna.

Oase menmghadirkan informasi real time health monitoring seperti detak jantung, jumlah langkah, tekanan darah, kadar oksigen darah, hingga kualitas tidur. Semuanya terintegrasi di aplikasi pendukung bernama Da Fit di smartphone dengan dihubungkan dengan jam.

Sudah pula tahan air IP67 dan mendukung beberapa fitness tracking yang menghasilkan data sports pedometer, seperti jumlah kalori, waktu berolahraga, dan jarak tempuh. Ini untuk berbagai macam tipe olahraga seperti walking, running, cycling, skipping, badminton, basketball, football dan swimming.

Kapasitas baterai 200 mAh yang diklaim mampu bertahan sampai satu minggu untuk penggunaan lengkap dan durasi standby 20 hari. Sementara waktu pengisian daya membutuhkan setidaknya 2 jam. Oase Fashion watch VF1 dibanderol hanya Rp 449 ribu.

2. Mito Gear 10 (Rp 329 ribu)

Mito merupakan merek asli Indonesia, yang ternyata memiliki produk smart watch, yaitu Mito Gear 10. Perangkat yang dibanderol seharga Rp 329 ribu ini dibekali dengan layar sentuh 1.4 Inch Big Colored Screen, dan sudah anti air karena sudah memiliki sertifikasi IP67.

Jam ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti Message Reminder yang memberikan notifikasi pesan masuk di ponsel, Health Tracker untuk mengukur kesehatan pengguna, dan adanya notifikasi penggilan telepon. Mito juga melengkapi jam ini dengan fitur Pengontron Kamera dan Musik.

Mito Gear 10 juga sudah didukung dengan kapasitas baterai 180 mAh, dan bisa dihubungkan pada ponsel Android dan iOS. Dan sudah kompatibel dengan smartphone yang memiliki sistem operasi mulai dari Android 4.4 dan iOS 8.0 atau yang lebih baru.

3. Vyatta FitMe Prime+

Vyatta FitMe Prime+ menjadi salah satu jam tangan pintar ramah kantong yang saat ini hadir di pasa Indonesia. Jam ini dibanderol seharga Rp 289 ribu saja dan sudah hadir sejak 2019 lalu. Jam ini berbentuk kotak tanpa sudut dengan layar IPS berukuran 1,3 inci, bodinya terbuat dari metal yang terlihat kokoh, dan strap silikon.

Dengam bobot 150 g dan dimensi 12 x 7,5 x 2,1 mm, jam tangan ini dilengkap dengan berbagai itu, yakni kamera, sudah anti air, dan memiliki berbagai sensor seperti Heart Rate, Blood Preasure, Sleep Tracker, dan Step Counter. Vyatta juga sudah membuat jam ini bisa kompatibel dengan smartphone Android dan iOS.

Selain itu, Vyatta FitMe Prime+ ini juga sudah dipasang Bluetooth 4.0, micro USB, tapi tidak dibekali teknologi NFC. Baterai tipe non-removable dengan materian li-ion memiliki kapasitas daya 150 mAh.

4. Xiaomi Mi Band 5 (Rp 449 ribu)

Xiaomi Mi Band 5 dirilis tahun lalu bersama smartphone Redmi 9A. Jam tangan pintar ini disebut-sebut sebagai salah satu solusi solusi kebugaran pengguna khususnya di masa pandemi saat ini. Mengusung layar AMOLED dengan lebar 1,1 inci, lebih besar 20 persen dibandingkan Mi Band 4 yakni 0,95 inci. 

Mi Band 5 dibekali dengan sensor photoplethysmography (PPG) yang bisa mendeteksi denyut nadi secara real-time. Selain itu Xiaomi juga membekalinya dengan beberapa sensor yang dapat merekam segala kegiatan olahraga dengan 11 mode, yaitu berlari, berenang, bersepeda, berjalan, treadmill, freestyle, sepeda indoor, lompat tali, yoga, elliptical, dan rowing machine.

Selain itu, gelang pintar ini juga bisa digunakan untuk menghitung langkah kaki, jhuga memantau kualitas tidur. Fitur lainnya ada Personal Activity Intelligence (PAI) yang dapat memprediksi seberapa besar dampak olahraga menggunakan Mi Band terhadap kebugaran tubuh pengguna.

Pengisian baterainya pun kini menggunakan bidang magnet di belakang bodi. Mi Band 5 memiliki ketahanan hingga kedalaman 50 meter di bawah air. Mi Band 5 dibanderol seharga Rp 449 ribu dengan enam pilihan warna strap yakni Orange, Yellow, Navy, Black, Mint Green, dan Teal.

5. Amazfit Neo (Rp 499 ribu)

Amazfit Neo hadir dengan desain bergara retro-digital, tapi tetap memiliki fungsi olahraga dan kebugaran yang lengkap. Jam ini hadir dengan tiga varian warna yaitu hitam, hijau dan merah. Bodi plastiknya diklaim tahan lama, termasuk tali atau strap berbahan PUR.

Ukuran layarnya jam ini 1,2 inci, sudah menggunakan panel STN yang membuatnya always-on display. Layar tersebut juga dapat menampilkan jumlah pesan singkat, email dan notifikasi aplikasi pihak ketiga lain dari smartphone. 

Amazfit Neo juga dilengkapi dengan fitur untuk mencari smartphone ketika lupa menyimpannya. Dengan tampilan skor dan data yang informatif, Amazfit Neo dapat membantu penggunanya mencapai tingkat kesehatan yang lebih baik, memanfaatkan sensor yang ada termasuk dari optik PPG BioTracker yang dapat mencatat detak jantung 24/7.

Pola dan kualitas tidur juga akan tercatat di dalam jam ini. Selain itu, jam ini juga sudah anti air, selain untuk berenang, bisa juga mendeteksi tiga olahraga populer secara otomatis, yaitu berlari, berjalan kaki, dan bersepeda.

Masa pakai perangkat ini mencapai 28 hari atau 4 minggu, dan bisa lebih lama hingga 37 hari dalam mode hemat daya. Smart watch ini sudah tersedia di pasar Indonesia dengan harga Rp 499 ribu.

More Stories
How to start a business: A Step-By-Step guide