Review ASUS ROG Phone 5s: Ponsel Gaming Berperforma Tinggi

Layar, performa, dan kamera

Kali ini Eta Gadget akan membahas smartphone gaming terbaru, ASUS ROG Phone 5s—generasi penerus dari ROG Phone 5 yang sudah lebih dulu hadir di pasar Indonesia. Secara tampilan, ROG Phone 5s cukup mirip dengan ROG Phone 5, bodi belakang, kanan, kiri, atas, dan bawah dengan port jack audio 3,5 mm, sampai bagian depannya masih sama.

Namun, ada sedikit perbedaannya, yaitu dari segi ketebalan bodinya, ROG Phone 5 tebalnya 10,3 mm sedangkan ROG Phone 5s lebih tipis sedikit 9,9 mm. Bobot ponsel baru ASUS ini 238 gram dengan ukuran dimensi 173 x 77 x 9,9 mm. Kualitas speakernya cukup baik, karena detail, bass terasa, keras tapi tetap jernih.

Layar

Untuk bagian depan, ROG Phone 5s memiliki layar AMOLED besutan Samsung berukuran 6,78 inci dengan aspek rasio 20,4:9 (2.448 x 1.080 piksel) 144 Hz/ 1 ms. Bagian layar ini sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass Victus, sehingga layar bisa terlindungi dari goresan atau meminimalisir kerusakan dampak dari benturan.

Untuk kualitasnya jelas layarnya ini sudah sangat bagus, warna yang dihasilkan bikin nyaman di mata dengan akurasi yang tinggi. Digunakan untuk konten hiburan, seperti main game ataupun nonton film sangat pas. Layarnya ini bisa memberikan experience yang membuat penggunanya betah lama-lama di depan layar. Ditambah lagi, experience audio yang dihasilkan, membuatnya menjadi paket lengkap hiburan yang lebih imersif.

Performa

Perbedaan lain ROG Phone 5s dari generasi sebelumnya adalah bagian chipsetnya yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 888+ 5G dan didukung chip grafis Qualcomm Adreno 660. Kinerja chip tersebut didampingi dengan RAM LPDDR5 8 GB dan ruang penyimpanan internal UFS3.1 128 GB. 

Fitur lainnya, ASUS sudah menghadirkan sistem operasi Android 11 pada ponsel ini. Dan untuk dukungan konektivitas ada Bluetooth 5.2, Wi-Fi 6, NFC, 2×2 MIMO, aptX & aptX HD. Baterainya memiliki daya 6.000 mAh, cukup besar untuk sebuah ponsel gaming, dan juga sudah didukung dengan Quick Charge 5.0 65W, serta PD Charging.

Dari segi penilaian AnTuTu, ROG Phone 5s bisa jadi pilihan terbaik, karena skornya mencapai 800 ribuan, untuk skor di Geekbench masing-masing dites single core dan multi core nilainya 1.166 dan 3.500-an. Sebagai informasi, ponsel ini di Indonesia dibanderol seharga Rp 9,999 juta pada saat peluncurannya.

Saat dijajal untuk memainkan game PUBG Mobile, dengan pengaturan yang diubah menjadi kualitas smooth 90fps, hasilnya sangat nyman. Tampilan grafisnya bagus, dan tidak ada gangguan seperti stutter, lag, atau frame drop, yang membuat tidak nyaman saat bermain game. Sehingga pengguna akan sangat dimanjakan saat bermain game apapun.

Selain responsif dan imersif, layarnya juga sangat nyaman ketika jari menempel dan digerakan dipermukaannya. Tidak ketinggalan, saat menggunakan Air Trigger generasi kelimanya juga sangat membantu pengguna dalam bermain game. Rensponnya cepat dan cukup sensitif. Selain itu efek getarannya juga sudah lumayan untuk memberikan experience berbeda ketika bermain game.

Kemudian saat bermain game, Genshin Impact—game yang diketahui cukup berat—dengan pengaturan grafis paling tinggi di 60fps, hasilnya tetap bisa dijalankan dengan sangat lancar tanpa kendala. Intinya, bermain game di ponsel ini sangat lancar, dan mempertegas bahwa ponsel ini memang ditujukan untuk para gamers.

Tapi, memang masih ada kurangnya, yaitu ponsel ini masih gampang panas, terutama di bagian frame-nya. Dan panas ini juga muncul saat digunakan untuk mendownload data dari game Genshin Impact. Jadi, ketika dicoba untuk main game PUBG 1 match dan Genshin Impact sekitar setengah jam, suhu panasnya cukup terasa, tapi lebih panas lagi ketika mendownload data game tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa ponsel berperforma kencang jika mengeluasrkan panas sedikit, itu masih tergolong wajar, asalkan game  tetap stabil dan bisa dijalankan dengan baik. Dan ASUS juga menyediakan solusi dengan menghadirkan aksesoris Aero Active Cooler yang bisa menurunkan suhu panas ponsel ketika digunakan bermain game.

Fitur Armoury Crate

Seperti biasa, ASUS biasanya melengkapi ponsel gaming-nya dengan fitur Armoury Crate, termasuk pada ROG Phone 5s. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengatur banyak hal. Selain bisa mengetahui kondisi CPU, GPU, dan suhu smartphone, pengguna juga bisa mengatur mode mulai dari xmode, dynamic, ultra durable dan advanced. Selain itu, bisa juga mengatur system lighting, fan speed, game genie, air trigger, dan lainnya.

Kamera

Tidak hanya soal performa, ROG Phone 5s juga memiliki kamera dengan kualitas yang cukup baik. Jadi, “jelek enggak, bagus banget juga enggak”. Namun, masih bisa untuk digunakan untuk mengabadikan berbagai momen aktivitas main game, atau berkumpul bersama keluarga.

Soal spesifikasinya, ASUS memasang tiga kamera belakang di ROG Phone 5s, dengan lensa utama 64 MP beraperture f/1.8 milik Sony flagship IMX686, lensa lainnya ada ultra-wide 13 MP f/2.4, dan macro 5 MP f/2.0. Sedangkan kamera depannya 24 MP f/2.5. Kamera tersebut mempu menghadirkan kualitas video, [email protected] dan [email protected] untuk kamera belakang, dan [email protected] untuk kamera depan.

Hasil foto ROG Phone 5s:

More Stories
Apple Akan Pakai Layar Puch-Hole Milik Samsung dan LG untuk iPhone 14