realme-GT-Neo2-Feature

Review realme GT Neo2 – Performa Asik, Desain Menarik

realme GT Neo2 merupakan smartphone flagship dari realme yang lahir di tahun 2021. Produk ini sendiri mengusung spesifikasi hardware tinggi dengan harga terjangkau.

Selain mempunyai performa yang bertenaga, realme GT Neo2 pun dilengkapi dengan desain dan warna yang menarik. Sementara baterainya mempunyai kapasitas besar dan didukung fitur pengisian daya cepat.

Meskipun realme GT Neo2 ini memiliki fitur yang beragam, namun kamu perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dulu sebelum memutuskan untuk membelinya di Indonesia.

Layar dan Desain

realme-GT-Neo2-ScreenAMOLED

Dari segi bentuk, realme GT Neo2 memiliki desain yang compact dan ramping sehingga teras nyaman dan pas ketika digenggam tangan sehingga betah untuk digunakan dalam waktu yang lama. Bahkan pada saat smartphone ini menggunakan softcase bawaan pun masih terasa enak dipegang.

Pada saat melihatnya pertama kali, realme GT Neo2 mempunyai warna yang standout dan mencolok dengan aksen garis hitam serta tulisan dare too leap di bodi belakangnya. Saya sendiri suka dengan cara realme berani mendobrak sisi warna smartphone dibandingkan perangkat pada umumnya.

Namun kembali lagi, desain itu preferensi dan selera dari kamu masing-masing. Apabila kamu tidak suka dengan warnanya, tenang saja karena realme GT Neo2 menghadirkan warna lain di Indonesia, yakni Neo Blue.

Pada bagian kanannya terdapat tombol power dan kiri terdapat tombol volume. Sedangkan slot kartu SIM, mikrofon, port USB Type-C, dan lubang speaker terdapat di bagian bawahnya. Untuk bagian atasnya masih terdapat mikrofon satu lagi.

realme-GT-Neo2-Cam

Terdapat juga satu speaker di bagian atas dan satu di bagian bawah sehingga mampu menghasilkan stereo. Apalagi terdapat dukungan Dolby Atmos yang membuat audio dari film atau drama yang ditonton menjadi lebih hidup.

realme GT Neo2 dibekali dengan Tactile Engine 2.0 X-Axis Linera Motor untuk haptic feedback yang responsif dan bertenaga, dimana sentuhan jari saya ke layar akan menimbulkan perasaan atau getaran sentuhan yang membuat merasa nyaman ketika mengguna smartphone ini.

Sebagai smartphone flagship, realme GT Neo2 dilengkapi layar penuh 6,62 inci dengan panel E4 AMOLED, tingkat kecerahan hingga 1300nits, dan resolusi Full HD+ yang mampu menghadirkan konten dengan terang serta tajam.

Penggunaan Color Gamut 100% DCI-P3 membuat layar mampu menghasilkan akurasi warna yang sangat bagus. Hal ini cocok bagi contenct creator yang hobi mengedit foto atau video yang diberikan warna atau filter sehingga hasil warnanya akan ditampilkan dengan akurasi yang tepat.

Berkat refresh rate 120Hz memungkinkan layar realme GT Neo2 dapat menghadirkan animasi game atau gerakan navigasi yang mulus. Terdapat fitur Dynamic Refresh Rate yang mampu membuat refresh rate berubah secara otomatis tergantung konten yang dilihat pada layar.

realme-GT-Neo2-Refreshrate

Selama pemakaian smartphone ini, saya paling mentok menggunakan layar dengan refresh rate 60Hz. Namun yang jelas fitur ini dapat memberikan kenyamanan bagi saya ketika melihat konten. Selain itu, konsumsi energi pada layar pun dapat lebih efisien dengan hadirnya fitur Dynamic Refresh Rate ini.

Berkat penggunaan teknologi AMOLED, membuat sensor fingerprint realme GT Neo2 berada di dalam layar (under display). Berdasarkan pengalaman, sensor fingerprint ini mampu merespon sidik jari saya dengan cepat.

Fitur Face Unlock pada smartphone ini pun dapat memindai wajah saya untuk membuka Lockscreen dalam berbagai kondisi, baik kurang cahaya maupun cahaya berlimpah.

Performa

realme-GT-Neo2-PUBG Game

Dari sektor hardware, realme GT Neo2 telah dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 870 Octa-Core (3,2 GHz) dan GPU Adreno 650 yang diklaim realme mampu menghadirkan kinerja yang bertenaga.

Kebetulan saya mendapatkan handphone dengan varian RAM 12 GB dan ROM 256 GB berteknologi UFS 3.1. Terdapat fitur DRE (Dynamic RAM Expansion) pada realem GT Neo2 yang memungkinkan sistem dapat meminjam ruang kosong dari penyimpanan internal menjadi RAM Virtual hingga 7 GB.

Dengan kata lain, realme GT Neo2 mempunyai RAM dengan kapasitas total 19 GB (RAM fisik 12 GB + RAM Virtual 7 GB). Sementara realme percaya diri tidak menghadirkan slot microSD karena penyimpanan internalnya berkapasitas besar.

realme-GT-Neo2-PUBG Deatmatch

Selama saya menggunakannya, realme GT Neo2 ini dapat menghadirkan performa yang powerful untuk menjalankan aktivitas dalam membuat konten, memainkan game, membuka media sosial, mengirim email, dan lainnya dengan lancar tanpa hambatan.

Saya pun dapat memainkan game Mobile Legends dengan grafis dan frame rate rata kanan secara lancar di handphone ini. Sementara saya juga mencoba bermain PUBG Mobie dengan pengaturan grafis HDR dan frame rate ekstrim atau grafis Ultra HD dan frame rate Ultra.

Hasilnya game PUBG Mobile mampu berjalan lancar serta memiliki responsivitas yang baik. Saya senndiri memainkan 1 game deathmatch di PUBG Mobie dan baterainya Cuma berkurang 2 persen saja.

Selama bermain game, layar handphone ini dapat membuat jari nyaman ketika saya sedang mengontrol permainan. Bahkan suhunya tidak begitu panas ketika saya memainkan game dengan pengaturan tinggi.

realme-GT-Neo2-AnTuTu

realme-GT-Neo2-Geekbench

realme-GT-Neo2-3Dmark

Berdasarkan pengujian dengan AnTuTu Benchmark V9.2.4, realme GT Neo2 berhasil mendapatkan skor tinggi mencapai 731.287 poin. Sedangkan pada Geekbench 5.4.3, perangkat ini mendapatkan skor 1.016 poin untuk Single-Core dan 2.972 poin untuk Multi-Core.

Pada pengujian 3D Mark dengan Wild Life Stress Test, smartphone ini mendapatkan skor 4.255 untuk Best Loop dan 4.218 untuk Lowest Loop. Masih pada aplikasi yang sama, handphone ini mendapatkan skor Stability mencapai 99,1% yang membuktikan bahwa realme GT Neo2 ini sudah bagus dan stabil ketika digunakan untuk beragam aktivitas.

Baterai

realme-GT-Neo2-SuperDart

Berbekal baterai 5.000mAh, handphone ini diklaim mampu bertahan lama untuk pemakaian normal sehari-hari. Untuk itulah, saya menggunakan realme GT Neo2 untuk kegiatan rutin, seperti membuat konten, membuka aplikasi media sosial, email, dan lainnya.

Hasilnya, realme GT Neo2 ini mampu bertahan sekitar 8 hingga 9 jam dalam sekali cas. Namun perlu dicatat bahwa daya tahan dari handphone ini akan berbeda-beda antar pengguna tergantung dari kebiasaan pemakaiannya.

Sementara realme GT Neo2 hadir dengan dukungan fitur 65W SuperDart Charge yang mampu mengisi daya baterai dari kondisi kosong ke penuh hanya dalam waktu 35 menit saja. Tentunya ini berguna banget bagi kamu karena tidak perlu terlalu lama dalam menunggu waktu cas dan dapat menggunakan kembali handphone untuk aktivitas penting.

Kamera

realme-GT-Neo2-Cam

Handphone ini dibekali dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 2 MP. Sementara kamera depannya mempunyai resolusi 16 MP.

Kamera utamanya mampu menghasilkan foto dengan style realme yang kontrasnya dinaikkan, terutama pada saat Artificial Intelligence (AI) diaktifkan, ditambah detail dan warna yang terlihat lebih pekat.

Memang sejujurnya di beberapa kondisi, kadang saya menyukai hasil foto yang telah diolah oleh software dan AI dari realme GT Neo2. Begitupun hasil selfie dari kamera depan perangkat ini, terkadang skin tone jadi agak berubah. Namun kembali lagi, pada beberapa kondisi malah saya suka dengan hasilnya.

Sementara untuk foto malam hari atau lowlight, hasil foto dari realme GT Neo2 masih terdapat noise. Namun tetep berasa kondisi malam harinya. Sementara saya mengaktifkan fitur Nightscape karena ingin mendapatkan foto lowlight yang lebih detail dan agak bersih dari noise.

Hasil foto realme GT Neo2:

realme-GT-Neo2-Flower

realme-GT-Neo2-Villacloseup
Auto
realme-GT-Neo2-Villa
Ultrawide

realme-GT-Neo2-Cafe

realme-GT-Neo2-Patung

realme-GT-Neo2-Selfienormal
Auto
realme-GT-Neo2-Selfiebokeh
Portrait

Kesimpulan

realme-GT-Neo2-ScreenStand

Selama pemakaian selama sekitar 1 bulanan, saya merasa bahwa realme GT Neo2 ini dapat diandalkan untuk menunjang kebutuhan sehari-hari saya, baik bermain game, membuat konten, media sosial, dan masih banyak lagi.

Saya sendiri paling suka dari realme GT Neo2 karena mempunyai performa yang kenceng sehingga mampu digunakan dengan lancar, baik menjalankan aplikasi media sosial, mengedit video, maupun memainkan game.

Walaupun kamera dari realme GT Neo2 tidak terlalu spesial banget, namun sudah dapat menghasilkan foto dan video dengan kualitas yang bagus, baik menggunakan kamera belakang dan depannya.

Dukungan sensor NFC (Near Field Communication) yang hadir pada realme GT Neo2 dapat membantu saya untuk mengisi atau mengecek saldo dari kartu emoney yang dapat digunakan untuk bepergian dengan angkutan umum, seperti commuter line,  MRT, LRT, hingga Bus TransJakarta.

Menurut saya, realme GT Neo2 cocok bagi kamu yang ingin merasakan smartphone flagship dengan performa bertenaga dan nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Dengan harga Rp 6,5 juta, handphone ini bisa menjadi salah satu handphone pilihan yang menawarkan kinerja lancar dengan dukungan kamera dan baterai yang baik.

More Stories
Kuy Ikutan ! Lenovo dan Zenius Gelar Kompetisi Video Kreatif untuk Guru di Indonesia