ColorOS 12 Feturz

Lebih Baik dari MIUI? Inilah 8 Fitur Menarik dari ColorOS 12

Kini OPPO telah menghadirkan sistem operasi modifikasi ColorOS 12 untuk smartphone terbarunya. Bahkan beberapa handphone lama OPPO pun mendapatkannya.

ColorOS 12 sendiri ada yang berbasis sistem operasi Android 12 atau Android 11. Untuk Reno7 dan Find X5 Pro sudah mendapatkan duluan ColorOS 12 yang berbasis Android 12. Sedangkan beberapa handphone OPPO telah mendapatkan ColorOS 12 berbasis Android 11.

Namun seiring berjalannya waktu, beberapa handphone OPPO yang tadinya ColorOS 12 (Android 11) akhirnya kebagian ColorOS 12 (Android 12). Bisa dibilang perbedaan dari versi ini tidak terlalu signifikan.

OPPO Reno7 5G Startrails Blue Fix

Namun hal yang paling jelas ColorOS 12 ini menghadirkan tampilan antarmuka yang lebih menarik dan peningkatan beberapa fitur dibandingkan ColorOS 11. Bahkan terdapat beberapa fitur ColorOS 12 yang lebih menarik dibandingkan dengan MIUI.

Berikut ini merupakan beberapa fitur menarik yang dibawa oleh ColorOS 12 untuk handphone OPPO:

Omoji

Pada ColorOS 12 ini terdapat fitur Omoji yang merupakan Avatar 3D ekspresif yang dapat dibuat oleh pengguna handphone OPPO sesuai selera, mulai dari warna kulit, bentuk wajah, mata, hidung penambahan topi, kacamata, aksesoris, dan lainnya.

Selain dapat digunakan untuk video call menjadi lucu dan menarik, Omoji ini juga dapat dijadikan stiker dan disematkan pada fitur Always On Display 2.0 yang hadir di ColorOS 12.

Always on Display 2.0

Kini rata-rata smartphone OPPO dengan layar OLED  atau AMOLED yang menggunakan ColorOS 12 sudah dibekali dengan fitur Always On Display (AOD) 2.0. Dengan hadirnya AOD 2.0 ini memungkinkan pengguna smartphone dapat melihat waktu, persentase baterai, animasi menarik, dan notifikasi pesan.

Untuk membuat penggunanya betah, Always On Display 2.0 ini juga hadir dengan beragam mode yang terdiri dari Custom Pattern, Portrait Sillhoutte, Omoji, Text, dan Text & Image. Penggunanya pun dapat memiliki mode AOD 2.0 yang menarik sesuai dengan selera.

Air Gesture

Pada beberapa handphone OPPO yang menggunakan ColorOS 12 terdapat fitur Air Gesture. Fitur ini memungkinkan penggunanya dapat mengangkat telepon atau melakukan scroll pada aplikasi tertentu, seperti TikTok, hanya melambaikan tangan di udara tanpa perlu menyentuh layar.

PC Connect

Untuk saat ini, PC Connect baru tersedia pada ColorOS 12 di handphone Reno7 5G dan Find X5 Pro. Dengan fitur ini, memungiknkan kedua smartphone tersebut dapat terhubung  dengan PC atau laptop.

Nantinya layar yang berada pada smartphone akan ditampilkan di PC atau laptop. Tak hanya itu, saja pada pengguna dapat dengan secara cepat dan mudah untuk transfer data menggunakan fitur PC Connect ini.

Translate 3 Jari

Meskipun fitur ini sudah ada sejak ColorOS 11, namun nyatanya fitur Translate 3 jari yang hadir pada ColorOS 12 ini sangat berguna untuk menerjemahkan tulisan yang terdapat pada situs, video, gambar, game, dan lainnya secara cepat.

Untuk mengaktifkannya, pengguna cukup menahan tiga jari yang dirapatkan pada layar selama beberapa detik. Nantinya pengguna dapat mengatur area tulisan yang akan ditranslasi dan tekan tombol Translate.

Selanjutnya, tulisan tersebut akan diterjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lainnya tergantung pilihan pengguna. Bisa dibilang hasil terjemahannya menarik karena OPPO bekerja sama dengan Google Translate.

Anti-Peeping Untuk Notifikasi

Dengan fitur ini, memungkinkan hanya pengguna handphone OPPO saja yang dapat melihat notifikasi pesan. Apabila teman atau keluarga yang berada di pinggir pengguna berusaha melihat layar handphone, maka secara otomatis pesan pada notifikasi akan disembunyikan.

RAM Expansion

RAM Expansion merupakan fitur yang dapat mengizinkan sistem untuk meminjam penyimpanan internal kosong menjadi RAM Virtual dengan pilihan 2 GB, 3 GB, atau 5 GB. Dengan begitu, kapasitas RAM pada handphone OPPO menjadi bertambah besar.

Privacy Dashboard

Dengan fitur Privacy Dashboard ini memungkinkan pengguna handphone OPPO dapat mengetahui izin akses apa saja yang diminta oleh sebuah aplikasi secara rinci. Kamu juga dapat mengelola semua izin melalui fitur ini sehingga lebih praktis dalam memberikan izin pada aplikasi.

More Stories
Ponsel realme GT 2 Terlihat di Geekbench dengan Chip Snapdragon 888