WhatsApp Logo All

Secara Bertahap! Fitur Komunitas Diluncurkan di Aplikasi WhatsApp

Sesuai dengan janjinya di awal tahun 2022, WhatsApp segera menghadirkan pembaruan besar berupa fitur Komunitas yang dapat menghubungkan orang-orang di WhatsAoo dakan gup yang penting bagi mereka.

Kini WhatsApp secara resmi meluncurkan bahwa telah meluncurkan Komunitas di WhatsApp secara global dan fitur ini akan tersedia bagi semua pengguna dalam beberapa bulan ke depan dengan pembaruan secara bertahap.

Dengan begitu, tidak semua pengguna WhatsApp akan langsung mendapatkan fitur ini. Untuk itu kamu harus bersabar apabila belum mendapatkan fitur Komunitas, namun temanmu telah mendapatkannya.

WhatsApp - Komunitas - 1

Menuurut pihak WhatsApp, Komunitas seperti tetangga, orang tua murid, dan rekan di kantor kini dapat menghubungkan beberapa grup bersama di bawah satu payung untuk mengelola percakapan grup di WhatsApp.

Untuk memulai, ketuk tab komunitas baru di bagian atas chat Anda di Android dan di bagian bawah di iOS. Selanjutnya, Anda dapat memulai Komunitas baru dari awal atau menambahkan grup yang sudah ada.

Setelah masuk ke dalam komunitas, Anda dapat dengan mudah beralih antara grup yang tersedia untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan, saat Anda memerlukannya, dan admin dapat mengirimkan pembaruan penting kepada semua orang di dalam Komunitas.

Dengan Komunitas, kami memiliki tujuan untuk meningkatkan standar tentang cara organisasi berkomunikasi dengan tingkat privasi dan keamanan yang tidak akan ditemukan di platform lain.

Alternatif yang tersedia saat ini memerlukan aplikasi atau perangkat lunak yang dapat dipercaya dengan salinan pesan mereka – dan kami yakin mereka layak mendapatkan tingkat keamanan lebih tinggi yang disediakan oleh enkripsi end-to-end.

Hari ini, kami juga merilis tiga fitur lainnya yang menurut kami akan disukai pengguna: kemampuan untuk membuat polling dalam chat, panggilan video hingga 32 orang, dan grup beranggotakan maksimum 1024 pengguna.

Sama halnya dengan reaksi emoji, berbagi file berukuran besar, dan penghapusan pesan oleh admin, fitur ini dapat digunakan di grup mana pun tetapi akan sangat berguna untuk Komunitas.

Kami telah bekerja dengan lebih dari 50 organisasi di 15 negara untuk membangun Komunitas guna memenuhi kebutuhan mereka. Kami begitu senang karena masukan yang kami terima sehubungan dengan fitur baru ini sangat membantu grup dalam mengelola dan mencapai tujuan mereka secara lebih baik.

Ada banyak hal yang kami rencanakan untuk dibangun dan kami akan terus menambahkan fitur dalam beberapa bulan mendatang. Untuk saat ini, kami sangat senang dapat menyampaikan informasi ini ke lebih banyak orang dan kami sangat menantikan masukan dari Anda.

Esther Samboh selaku Manager Kebijakan Publik WhatsApp untuk Indonesia mengatakan bahwa ada 12 komunitas di Indonesia yang berkesempatan mencoba fitur Komunitas lebih awal, selama beberapa bulan ini. Diantaranya seperti komunitas Langsung Enak, sebuah komunitas pecinta kuliner populer, dan Play:On Indonesia Community, komunitas penggemar Mini 4WD.

WhatsApp - Komunitas - 2

“Kami harap, fitur Komunitas di WhatsApp dapat memungkinkan lebih banyak grup di Indonesia untuk mengatur anggotanya dengan lebih baik di WhatsApp,” tambah Esther.

Ranggal Marvel selaku Founder, Play:On Indonesia Community turut mengungkapkan bahwa dengan menggunakan grup pengumuman di Komunitas, saya dapat dengan mudah menjangkau semua anggota komunitas hanya dari satu jendela obrolan, sehingga lebih efisien. Sebelumnya saya tidak dapat melakukannya sekaligus dan harus melakukan beberapa posting berkali-kali di grup chat yang berbeda sehingga sangat merepotkan.

Menurutmu, apakah fitur Komunitas ini ke depannya akan memberikan dampak yang besar kepada pengguna WhatsApp?

More Stories
Sertifikasi Redmi K50 Gaming Edition Dikonfirmasi 3C dengan Fast Charging 120W